Friends

Cara Bugar Setelah Bangun Tidur



BAGI Anda yang sulit untuk meluangkan waktu untuk berolahraga secara khusus, maka melakukan peregangan sesaat setelah bangun tidur bisa menjadi pilihan. Gerakannya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja, namun setelah itu Anda akan merasakan kebugaran.

Menurut Wiwin Bin Adibu, peregangan selama lima menit setelah bangun tidur bisa menjadi alternatif olahraga bagi orang yang sibuk maupun malas berolahraga. “Tidak butuh tempat khusus, cukup di tempat tidur, hanya lima menit, tidak membutuhkan alat khusus,” ujarnya saat ditemui di Wisma Grand Cahaya Prima.

Tujuan peregangan ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, khususnya sirkulasi ke seluruh tubuh, mencegah kekakuan otot, mempersiapkan tubuh sebelum beraktivitas, dan juga bisa memperbaiki postur tubuh. “Untuk emosi, gerakan ini bisa memperbaiki mood, semangat bekerja dan mengelola stres,” jelasnya.
Tidak hanya itu, peregangan ini juga bisa menghindari cidera terutama otot bagian leher, punggung dan persendian di daerah pinggang bagian bawah. “Yang paling penting juga menghilangkan kantuk,” tambah Dosen Porkes Unja ini.

Gerakan ini bisa dilakukan selama 5-7 menit. Setiap gerakan diulang 3-5 kali dengan melakukan gerakan yang ditahan 8-10 kali hitungan. “Lakukan gerakan ini secara perlahan dan tidak dalam keadaan terpaksa,” pungkasnya.(*)


Ditulis oleh SITI MASNIDAR, Kota Jambi   
Kamis, 12 November 2009 09:52

0 komentar:

Post a Comment

    Warung Bebas TV Streaming
    free counters
    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More