Friends

Janda Kaya Ditipu Rp 5 M oleh WN Liberia Lewat Facebook

Jakarta - Situs jejaring sosial Facebook masih banyak dimanfaatkan pengguna internet untuk mencari jodoh. Tapi harus hati-hati, karena bisa jadi, pemilik akun facebook yang Anda kenal, bukan orang yang sebenarnya.

Seperti yang terjadi pada RN, wanita pengusaha kaya yang tertipu mentah-mentah oleh lelaki berkewarganegaraan Liberia berinisial MRGG (45). Akibatnya, RN tertipu hingga Rp 5 miliar.

Kepala Satuaan Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Hermawan mengatakan, dalam aksinya, MRGG menjerat janda-janda melalui situs jejaring sosial lain. "Dalam perkenalan itu, tersangka mengaku tengah mencari calon isteri," kata Hermawan kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (2/2/2011).

Untuk lebih meyakinkan korban, tersangka kemudian membuat akun di facebook dengan nama Josh. Di facebook itu, tersangka memasang foto-foto lelaki berkulit putih yang bertampang keren dan gagah.

"Dia juga memasang foto lelaki kulit putih itu bersama anaknya. Sehingga memperlihatkan seolah-olah pria yang penyayang anak, sehingga korban tertarik," terangnya.

Setelah itu, korban dan tersangka menjalin komunikasi yang intens melalui chatting. Selama chatting itu, tersangka kerap mengeluarkan rayuan gombalnya. Tersangka juga menjanjikan aakan menikahi korban jika telah sembuh.

"Tapi korban dan tersangka tidak pernah bertemu sekali pun," katanya.

Singkat cerita, perkenalan keduanya makin akrab. Seiring dengan itu, tersangka pun semakin berani untuk meminta 'ini-itu' terhadap korban.

"Tersangka mengaku butuh uang banyak karena harus masuk ke rumah sakit. Lain waktu, dia nyuruh anak kecil untuk berteriak meminta tolong kepada korban, melalau handphone," jelasnya.

Korban pun kemudian mempercayai omongan tersangka itu. Hingga akhirnya, korban mengeluarkan uang senilai total Rp 5 miliar.

"Uang itu ada yang sebagian ditransfer ke bank di Thailand dan ada yang diambil langsung oleh tersangka dengan berpura-pura menjadi kurir 'Josh'," jelasnya.

Hermawan mengungkapkan, korban telah tertipu sejak akhir 2010 lalu. Karena merasa telah tertipu, korban kemudian melaporkan perbuatan tersangka ke Polda Metro Jaya pada Januari 2011 lalu.

Polisi akhirnya berhasil mengamankaan tersangka di rumahnya di Centex, Ciracas, Jakarta Timur pada Rabu (2/2/2011) siang. Dari tersangka, polisi menyita uang tunai senilai total Rp 260 juta  terdiri dari mata uang Euro, Bath, US Dollar dan Rupiah.

Selain itu, polisi juga menyita sebuah laptop, IPad dan sejumlah handphone. "Semua uang hasil kejahatannya dibelikan barang-barang elektronik," terangnya.

Polisi menduga, tersangka telah melakukan aksinya sejak tahun 2006 lalu. "Karena ada beberapa bukti transferan uang ke rekeningnya sejak tahun 2006," jelas Hermawan.

Polisi menduga, kegiatan penipuan tersangka merupakan sindikat. Hingga kini, polisi masih mengejar satu teman tersangka berinisial Br yang pernah melakukan penipuan modus sama senilai Rp 8 juta terhadap wanita janda asal Indonesia.

"Teman-temannya ada di Indonesia, Bangkok dan Malaysia," sebutnya.

Sementara itu, polisi jugaa akan mengeluarkaan red notice bagi DPO tersebut yang berkewarganegaraan Liberia. Tersangka yang kini ditahan juga akan dicekal.

"Serta akan memblokir rekeningnya di Thaliand juga akan koordinasi dengana NCB dan interpol," tutupnya.

Sumber : 
http://www.detiknews.com/read/2011/02/02/173212/1559273/10/janda-kaya-ditipu-rp-5-m-oleh-wn-liberia-lewat-facebook?9911012

0 komentar:

Post a Comment

    Warung Bebas TV Streaming
    free counters
    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More